Pengertian Geofisika

  • Diposting oleh Literaturecomunity
  • di 6:52 AM -
  • 0 komentar
Menurut (Reynolds,1997) :
Geofisika diartikan sebagai penerapan ilmu fisika untuk meneliti bumi, bulan dan planet

Wikimedia.org :
Geofisika adalah bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer

Dari kedua referensi diatas dapat disimpulkan pengertian geofisika adalah :
Bagian  dari ilmu bumi yang mempelajari bumi, bulan dan planet di alam semesta dengan menggunakan penerapan prinsip-prinsip fisika untuk menyelidiki parameter-parameter fisika yang ada di dalam bumi, bulan dan planet.

Meskipun begitu dalam aplikasi praktisnya, geofisika umumnya diartikan sebagai hanya diterapkan untuk bumi. Untuk menghindari kerancuan tersebut terdapat beberapa istilah dalam penerapan ilmu geofisika, mislanya pen
erapan ilmu fisika untuk mempelajari interior bumi dari permukaan bumi sampai inti bumi dikenal sebagai Solid Earth Geophysics dan terbagi lagi menjadi dua bidang utama, yaitu :

> Bidang pertama yaitu Global Geophysics yang dikenal juga sebagai Pure Geophysics, yaitu pemelajaran seluruh bagian atau satu bagian penting dari planet.
> Bidang kedua adalah Applied Geophysics yang lebih memusatkan perhatian pada masalah kerak bumi dan near surface untuk kepentingan yang bersifat rekayasa (engineering) dan ekonomis.

Beberapa contoh kajian dari geofisika bumi misalnya seismologi  yang mempelajari gempabumi, dengan ilmu ini dapat dipelajari lapisan - lapisan pembentuk bumi, mulai dari kerak bumi, mantel, sampai dengan inti bumi (core). Selain itu ilmu ini dapat juga digunakan untuk mendeteksi jebakan minyak bumi (hidrokarbon).


 http://www.freewebs.com/masyon/apaitugeofisika.htm

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar:

My Blog List

Total Tayangan Halaman

daftar isi blog

Dafatr Isi

Read more: http://www.japarus.com/2011/09/daftar-isi-blog-lengkap-bagian-3.html#ixzz1t7mIP0hB

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogroll

Failbook RRS

About

free counters
IP
Hollow Literature
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch
Miftahul Vikri. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate tool

Followers